Saya agak jarang menulis tentang pecatur Malaysia karena minim informasi tetapi nama yang satu ini membuat saya kagum luar biasa. FM Lye Lik Zang (2321). Usianya baru 14 tahun tetapi sudah mampu mengguncang Manila!

Pada Kejuaraan Catur Kontinental Asia 2018 yang saat ini tengah digelar di Makati City, Filipina, Lye Lik Zang tampil sensasional dengan menaklukkan dua GM dan menahan remis GM Vidit Santosh Gurjrathi (2701).

Dua korbannya di babak pertama dan kedua itu adalah pecatur Iran GM Ehsan Ghaem Maghami (2537) dan GM Abhimanyu Puranik (2544) dari India. Tiga laga istimewa ini memberinya Rating performa 2867.

Lye hanya diunggulkan di peringkat awal ke-51 namun kini ia merangsek ke posisi kedua klasemen sementara di atas GM Wei Yi (2728) dari China yang menempati peringkat ketiga. Peringkat pertama sendiri ditempati pecatur India, GM Lalith Babu (2529).

Menarik untuk menunggu kiprah Lye berikutnya di turnamen kuat ini. Pada babak keempat ia akan menantang pecatur asal Vietnam GM Nguyen Ngoc Truong Son (2641).

Photo Lye Lik Zang di bawah diambil pada saat dia untuk pertama kalinya mengikuti Johor Open tahun 2014.

Photo: Andrew Ooi Boon Seng

original article from INFO Catur by Hasilholan Siregar